Thursday, March 26, 2009

PENASARAN...

Fellas...
ya, saya kembali di blog baru ini, seperti biasa, dengan tulisan yang ngasal tapi easy to read ini, saya mencoba untuk menceritakan segala sesuatu tentang saya. Bukan karna saya narsis, tapi karna ini blog saya, jd saya bebas mo nulis apapun disini, oke? paham? JAWAB SAYA!!!! (danlap tatib mode: ON),hahaha...



Hahaha,,,ya benar, ini adalah foto saya waktu jd danlap tatib, udah kaya singa yg mo nerkam mangsa. Saya punya banyak skali keisengan yang terkadang ngga lucu buat orang lain, tapi cukup untuk membuat saya ktawa ngakak. Nah,nah,nah,,,sekarang, sesuai judul, saya akan ngebahas tentang kebiasaan saya ngomong setengah-setengah yang ujung-ujungnya bikin orang pada penasaran, hahaha, good job Wir!!!

Here's the thing, karna saya kuliah di fakultas ilmu komunikasi, maka mari kita kaitkan dengan komunikasi interpersonal (wira jahat: tai lu wir!!!...wira baik: biarin aja,suka-suka gw...*dialog di dalam diri Wira...), hahaha, jadi, dalam komunikasi interpersonal, untuk membuat orang lain tertarik dengan apa yang kita bicarakan, jangan memberikan seluruh informasi yang bakal kita sampaikan ke si orang tersebut, knapa? Karena informasi kita sampaikan akan terkesan ngga sepenting yang sebenarnya, dalam artian, mungkin informasi yang kita sampaikan itu penting, tapi menjadi terkesan ngga penting karna kita langsung mengumbar semuanya, oke? sampe sini ngerti? BAGUS!!!

Dalam berkomunikasi, sebaiknya kita menyampaikan informasi yang kita berikan kepada orang lain dalam beberapa tahap, kalo kata dosen saya Mr.Venus, teknik-tekniknya bisa disingkat menjadi ANSVA, tapi disini, kita ngga make yang VA, karna ANSVA itu buat dunia training, jadi kita cm make ANS aja yang merupakan singkatan dari Attention, Need, Satisfaction. Gatau nyambung apa ngga, tapi mari kita coba sambung-sambungkan, hahaha.

Gimana caranya bikin orang penasaran sama apa yang akan kita sampaikan? Pertama, Attention, which means, buat mereka tertarik sm topik/informasi yang akan kita sampaikan, tapi inget, informasi yang kalian kasih tau adalah yang kulit-kulitnya aja, jangan sampe mereka tau isinya, karna kalo mereka tau isinya, brarti mereka secara ngga langsung interest-nya sama apa yang kita obrolin akan berkurang.

Setelah itu, tahap kedua adalah Need, yang artinya,kalo kita udah kasih kulit-kulit dr informasi tersebut, mereka akan bertanya lebih dalam tentang apa yang akan kita obrolin, nah, itu yang diartikan sebagai Need, mereka menjadi merasa butuh dengan informasi yang bakalan kita sampaikan, kalo mereka udah ngerasa butuh, mereka akan bertanya lebih banyak lagi untuk menggali informasi yang akan kita sampaikan, hahaha, kalo udah sampe di tahap ini, brarti kalian udah setengah jalan untuk bikin orang penasaran, hahahahahaha.

Kalo mereka udah penasaran sama apa yang kita obrolin, sekarang, tahap ketiga adalah Satisfaction, nah nah nah, ditahap ini, terserah kalian mau dilakuin apa ngga, dalam artian kalo tujuan kalian cuma mau bikin orang penasaran seumur hidupnya sih, saran saya jangan lakuin tahapan ketiga ini, biar mereka penasaran sampe kebawa mimpi, hahaha, tapi kalo kalian berbaik hati, yah kasih tau aja informasi/obrolan tersebut secara penuh di tahapan ini. Satisfaction disini bukan berarti smua bakal puas sama informasi yang kalian sampein, Satisfaction disini lebih mengacu kpd tingkat kepuasan, bahkan kekecewaan akan informasi yang kalian sampein pun bisa menjadi acuan Satisfaction.

Nah, kita sambung sama yang sebelumnya diatas, tadi kan kita udah bahas tuh, kalo misalnya informasi penting yang kalian sampein pun bisa jadi terkesan ngga penting kalo misalnya informasi itu disampeinnya langsung smuanya, tanpa adanya tahapan-tahapan. Bedanya kalo melalui tahapan adalah, kalo misalnya informasi yang akan kalian sampaikan itu ngga penting akan terkesan penting jika penyampaiannya melalui tahapan-tahapan tsb. See? info ngga penting aja bisa jadi terkesan penting, apalagi info yang emang bener-bener penting? bisa jadi terkesan lebih penting lagi kalo misalnya kalian menyampaikannya lewat tahapan-tahapan tsb.

Jadi sbnrnya, bikin orang lain penasaran sm apa yang kita omongin tuh ga sesulit yang kalian bayangkan, ngerti kan? JAWAB SAYA!!! Good for You!!!

salam,
Wira Pratama

No comments:

Post a Comment